Pages

Rabu, 03 Juni 2009

Netbook 2,5 juta

Computex Banjir Netbook Rp 2,5 Juta


INILAH.COM, Jakarta – Pameran teknologi informasi terbesar Asia Computex dibuka di Taiwan. Pameran itu dibanjiri notebook murah serta broadband internet teknologi tinggi.

Pameran tahun ini juga diikuti peserta dari China dalam jumlah besar mencapai 36 perusahaan. Keikutsertaan China ini merupakan yang pertama sejak pertama kali digelar pada 29 tahun lalu.

Partisipasi itu dimungkinkan karena hubungan China-Taiwan membaik setelah Presiden Ma Ying-jeou naik sebagai pemimpin negara kepulauan itu.

Pameran lima hari itu juga dijadikan oleh perusahaan Taiwan untuk memamerkan netbook yang didesain untuk browsing web dan berkirim email. Netbook dengan bobot kurang dari satu kilogram dan harganya Rp 2,5 juta, pasarnya memanas di saat ekonomi melemah dibandingkan komputer berharga mahal.

Permintaan netbook global diperkirakan akan menjadi dua kali lipat mencapai 32 juta unit tahun ini, dari 13 juta unit tahun sebelumnya.

Analis Topology Research Institute menyebut produsen komputer Taiwan akan memenuhi 60% pasar netbook global pada 2009. "Munculnya netbook membawa peluang pertumbuhan baru di pasar yang jenuh," sebut laporan itu.[ito]

0 komentar: